Kamis, 18 Oktober 2018

Pengenalan Editor Godot Engine

Tutorial ini berisi tentang user interface yang dimiliki Godot. Dan lebih memfokuskan kepada dasar-dasar yang pertama Anda harus ketahui apabila ingin menggunakan mesin ini.

Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu Godot Engine melalui link dibawah ini*:

*) Silahkan pilih salah satu.

Saran dari Saya, untuk mempermudah sistem update pada Godot Saya lebih memilih melakukan download melalui Steam client karena dari situ setiap Godot melakukan update sistem, maka secara otomatis terupdate melalui Steam client. Tetapi perlu diketahui bahwa update sistem biasanya mempengaruhi penataan struktur scripting yang Anda implementasikan pada project Anda kedepannya. Umumnya para developer yang menggunakan mesin ini, melakukan download Godot Engine melalui website resminya demi mengurangi kemungkinan merubah skrip mereka di kemudian hari. Mereka lebih memilih untuk membaca keterangan resmi update patch sebelum melakukan update sistem pada Godot Engine.

Project Manager

Ketika pertama kali menjalankan Godot, Anda akan melihat jendela Project Manager yang terlihat seperti gambar dibawah ini.
Project Manager
Project Manager
Jendela ini memungkinkan Anda untuk membuat project baru - New Project, menjalankan game dari project yang dipilih - Run, mengambil project yang tersedia secara keseluruhan dalam satu folder - Scan, mengimpor project - Import, serta tab Templates yang memungkinkan Anda untuk mengambil template secara online yang terdapat didalam database Godot.
Templates
Templates

Membuat Project Baru

Untuk membuat project baru, klik tombol New Project yang ada di sebelah kanan jendela Project Manager.
Membuat Project Baru
Membuat Project Baru

Disitu akan muncul jendela baru, didalamnya berisi kolom Project Name dan Project Path. Isi nama project dan pilih path folder sesuai dengan yang anda inginkan, selanjutnya klik Create folder untuk membuat folder baru kedalam path yang telah ditentukan. Maka secara otomatis nama folder sesuai dengan nama project yang Anda buat, perlu digaris bawahi agar penamaan folder project dan nama project harus sama agar memudahkan Anda dalam melakukan editing di tahap selanjutnya. Setelah itu silahkan klik tombol Create & Edit.

Yang Pertama Kalian Lihat di Editor Godot

Selanjutnya, akan muncul jendela baru dengan 3D viewport yang secara default terpilih. Anda bisa menggantinya menjadi 2D dengan cara menekan tombol 2D yang ada di bagian kolom atas (tengah) jendela kerja.

Mengganti ke 2D viewport
Mengganti ke 2D viewport
Sekarang tampilannya akan seperti dibawah ini.
Jendela kerja
Jendela kerja
Dibagian atas. dari kiri ke kanan, Anda melihat main menus - menu utama, workspaces, dan playtest button - tombol ujicoba.

Dibagian sebelah kiri adalah ruang FileSystem, yang berfungsi sebagai tempat Anda mengelola file serta aset yang digunakan.
Ruang FileSystem
Ruang FileSystem
Dibagian sebelah kanan adalah ruang Scene yang nantinya akan berisi scene yang digunakan dalam project. Dibawahnya adalah ruang Inspector berisi berbagai macam properties dari scene yang ada dalam ruang Scene.
Inspector
Inspector
Dibagian tengah atas adalah Toolbar dimana merupakan tempat berbagai macam tools yang dapat digunakan untuk move - memindah, scale - mengubah ukuran, rotate - memutar objek, dan lain sebagainya. Toolbar akan berbeda isinya, bergantung pada setiap objek yang terpilih.
Toolbar
Toolbar
Dibagian tengah bawah adalah Bottom Panel berisi console debugger, editor animasi, editor audio, dan lain sebagainya. Secara default panel ini tertutup, karena memakan ruang yang lumayan saat digunakan.
Bottom Panel
Bottom Panel

Ruang Kerja

Bisa Anda lihat di bagian Workspace terdapat tombol: 2D, 3D, Script dan AssetLib.

Anda akan menggunakan ruang kerja 2D untuk membuat game berbentuk 2D. Untuk mengaksesnya cukup dengan menekan tombol 2D tersebut atau dengan menekan tombol F1 pada keyboard Anda.
2D Workspace
2D Workspace
Di bagian ruang kerja 3D dapat digunakan untuk membuat game berbentuk 3D dengan kompleksitas lebih tinggi dibanding game berbentuk 2D. Diperlukan pengetahuan lebih tentang pencahayaan, design serta strukturisasi bidang 3D didalamnya. Untuk mengaksesnya cukup dengan menekan tombol 3D atau dengan menekan tombol F2 pada keyboard.
3D Workspace
3D Workspace
Perhatikan tulisan [ Perspective ] yang ada dibawah Toolbar , itu merupakan tombol yang berfungsi untuk membuka panel mendalam tentang pilihan yang berhubungan dengan design game 3D.
Perspective Panel
Perspective Panel
Ruang kerja Script adalah ruang editor code yang dilengkapi dengan debugger, auto-completion, built-in referensi code. Untuk mengaksesnya cukup menekan tombol Script atau dengan menekan tombol F3 yang ada di keyboard dan tombol F4 untuk mengakses pencarian referensi code.
Script Workspace
Script Workspace
Dan yang terakhir AssetLib adalah berisi kumpulan library add-ons, prebuild scripts, dan assets gratis yang disediakan di database online Godot yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda dalam merancang game.

Memodifikasi Tampilan Jendela Kerja

Tampilan Godot merupakan satu kesatuan jendela kerja, yang berarti Anda tidak bisa dengan mudah melakukan drag and drop panel secara leluasa. Meski begitu bukan berarti tampilannya tidak bisa dirubah sama sekali. Ada beberapa cara untuk merubah tampilan jendela kerja, diantaranya:

Memindah dan Mengatur Skala Panel

Klik dan drag di bagian ujung setiap panel untuk mengatur besar kecilnya panel secara horizontal maupun vertikal.
Resize panel/dock
Resize panel/dock
Klik 3 dots (titik) yang ada di setiap ujung panel untuk memindah lokasinya.
Move panel/dock
Move panel/dock
Untuk pengaturan yang lebih mendalam tentang tampilan editor ini bisa Anda akses melalui tombol Editor di pilihan menu utama, serta pilih dan klik Editor Settings. Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan tampilan pada editor sesuai dengan yang Anda inginkan.

Dengan demikian selesai sudah tahap pertama tutorial step by step Pengenalan ke Editor Godot Engine ini. Jangan lupa untuk memberi komentar pada postingan ini apabila ada yang ingin ditanyakan atau hanya sekedar menyapa. Share sangat diapresiasi. Terima kasih telah mengunjungi blog Saya sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar