Kamis, 18 Oktober 2018

Apa itu Godot Engine?

Godot Engine Logo
Godot Engine Logo
Game Engine merupakan software yang digunakan untuk merancang/membangun sebuah game. Umumnya mesin pembuat game diciptakan untuk mempermudah para developer dalam membangun game sesuai dengan yang mereka inginkan. Tidak menutup kemungkinan para developer profesional merancang game mereka tanpa menggunakan game engine, hanya saja dibutuhkan pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman yang mereka gunakan untuk membangunnya. Bahasa pemrograman yang umum digunakan para developer profesional khususnya untuk pembuatan  game adalah C#, C++, Python, Java, dan lain sebagainya.

Godot merupakan salah satu open source game engine dibawah lisensi MIT license. Yang berarti software ini benar-benar gratis, Kita bisa menggunakan dan/atau menjual hasil akhir dari mesin ini tanpa perlu khawatir untuk membayar royalti dan semacamnya.

Godot dikemas sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk membangun game berbasis 2D maupun 3D dengan user interface yang cukup mudah dipahami. Mesin ini dapat menghasilkan game yang memungkinkan untuk dijalankan di hampir semua platform operating system, yaitu: desktop (Linux, macOS, Windows), mobile (Android, iOS), serta web-based (HTML5). Dengan demikian dapat Saya simpulkan bahwa mesin ini sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar ataupun ingin membangun sebuah game dengan tujuan komersil/non-komersil dengan tanpa modal uang.

Agar lebih jelas Saya sarankan untuk membaca artikel selanjutnya tentang tutorial dasar step by step membuat game dengan Godot.

0 komentar:

Posting Komentar